Selasa, 17 Juni 2014

#KAMISAN 5: Wishy Washy Atau Fleksibel?

Wishy washy mungkin cukup asing kedengarannya ya? Sama, tapi saya nggak kaget kalau tema-tema seperti ini dijadikan tantangan dari mami (teh nia) untuk peserta kamisan, karena mami memang salah satu kerumitan tiada tara yang hidup di dunia. Saat saya menulis ini pun saya masih dalam keadaan mencari-cari kebenaran cinta sejati (halah!) 

Secara definisi, arti dari Wishy Washy adalah "Lacking in strength of character or purpose; ineffective; weak in willpower. A dosser. Also a bit Flippy Floppy, Topsy Turvy even" (urbandictionary.com). Atau kalau diterjemahkan seperti, sesuatu yang lemah atas keyakinan sesuatu, plin plan, ya secara gampangnya wishy washy ini kita sebut si plin plan ya, lemah mempertahankan apa-apa yang dia yakini. Menurut salah satu artikel yang ditulis oleh Ubaydillah, AN dalam sebuah situs www.e-psikologi.com disebutkan antara lain :

Secara teori, plin-plan itu sering diartikan sebagai indecisiveness. Ini adalah ketidakmampuan kita dalam menentukan keputusan atau bersikap dengan alasan-alasan yang sangat tidak kuat. Orang plin-plan itu adalah orang yang gampang melakukan bongkar-pasang rencana, keputusan atau penyikapan.

Ciri-ciri orang plin plan:

1. Apa yang dikatakan berbeda dengan perbuatannya.

2. Sikapnya cepat berubah-ubah seketika pada waktu itu juga.

3. Mencari alasan-alasan, tetapi sangat berkesan menutupi sesuatu hal dibelakangnya.

4.Tidak mempunyai arah tujuan yang jelas, artinya mudah dipengaruhi oleh sugesti ataupun stimilus yang ada.

Si plin-plan ini dipahami sebagai lawan dari kepercayaan-diri (self-confidence) atau pede. Dalam teori kompetensi, ada sejumlah istilah yang pengertianya kira-kira sama dengan kepercayaan-diri ini.

Beberapa istilah itu antara lain adalah:

1. Decisiveness

2. Ego strength

3. Independence

4.Strong-self concept

5.Willing to take responsibility

Nah! Dari semua penjelasan di atas yang banyak sedikitnya saya kutip sana sini, saya nyimpulin kalau si wishy washy ini adalah orang yang rasa percaya dirinya kurang, sehingga gampang berubah arah dan terpengaruh apa-apa yang ada di sekitarnya.


Lalu, apa bedanya dengan FLEKSIBEL? Menurut Musashi dalam "The Book of Five Ring" yang dikutip oleh Ubaydillah mengatakan : fleksibel itu digambarkan seperti watak air. Musashi menjelaskannya dengan istilah ordered flexibility. Fleksibel di sini diartikan sebagai kapasitas untuk tetap menjadi diri sendiri dalam keadaan tetap bisa beradaptasi dengan lingkungan atau orang lain. Jadi dengan kata lain ya, si fleksibel ini manusia karet yang nggak mengubah apa yang ada dalam dirinya tapi bisa ikut beradaptasi dengan lingkungannya, tanpa harus melumer. Fleksibel ini jenis kekuatan yang sangat baik. Mempertahankan pendiriannya, tetapi juga pintar mengaplikasikannya dengan lingkungan. Tidak berbenturan dengan sekitar, tidak juga mengubah dirinya menjadi yang tidak dia inginkan, dapat beradaptasi, cepat tanggap dalam keadaan darurat sekalipun, tanpa kehilangan kendali merupakan ketrampilan yang signifikan dalam mencapai tujuan. Dengan bersikap fleksibel, kita mudah beradaptasi dengan lingkungan apapun dan dengan siapapun. Untuk menjadi fleksibel pun kita tidak harus merombak prinsip, kepribadian, tata rambut, maskara dan sebagainya (halah).




sumber

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Hahahaha! Hidup tatanan rambut, spray muka dan eyeliner cair

      Hapus
  2. TT____________TT<------wishy washy. Sekian.

    Seujujurnya tema "wishy washy" ini klo sesuai dgn yg dibahas di postingan ini agak njleb di saya sih :') Sebagai wanita wishy washy yg masih kurang percaya diri. Yah, untungnya saya wishy washy. Jadi seru kan karakter manusia ada kurangnya. Jd saya masih punya ruangan utk berkembang sbg manusia :')<--padahal kurangnya mah ada lagi yg lain, cuma lagi menghibur diri akakaka. Gpp tetap cemamat!! :')

    BalasHapus
  3. Hahahaha, aku rasa semua orang pernah jadi Mrs atau Mr. Wishy washy kok, kita pernah plin plan, galau, kalut atau apapun, nggak pede sama sesuatu dan banyak lagi, manusiawi kan :p . Proses belajar menentukan, asal plin plannya jangan berlarut-larut aja. :D cemamaaat!

    BalasHapus